3 Hal yang Dipelajari Bayi di Tahun Pertamanya

0
359

Tahukah Moms kalau si kecil sudah mulai belajar sejak bayi? Untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, simak 5 hal yang dipelajari di tahun pertamanya dalam artikel ini yuk Moms.

  1. Kemampuan Mendengar Melalui Gerak Mulut
    Mengajak bayi bicara mendatangkan banyak manfaat. Walaupun bayi belum bisa berbicara, selama Moms bercerita, si kecil memiliki kemampuan untuk membaca gerakan mulut Moms. Hal ini berperan penting dalam mengajarkan kemampuan berbicara.
  2. Kemampuan Mencerna Kata
    Walaupun perkembangan sosial si kecil di bulan pertama masih sangat terbatas. Namun sebuah jurnal penelitian mengungkapkan bahwa bayi dapat mengenali kalimat sejai ia masih berusia dua hari. Ia dapat mempelajari kalimat yang Moms ucapkan dengan baik.
  3. Kemampuan Memahami Kata Lewat Sentuhan
    Bahasa tubuh adalah salah satu cara efektif untuk berkomunikasi dengan bayi. Misalnya saat Moms menyentuh si kecil dan berkata “ini mata”. Setelah dilakukan berulang kali, lama kelamaan si kecil akan memahami arti kata tersebut.
  4. Kemampuan Berkomunikasi Lewat Musik
    Kemampuan berkomunikasi si kecil akan meningkat saat usianya menginjak sembilan bulan. Saat inilah yang paling tepat untuk mengajarkannya musik. Ritme musik dapat meningkatkan kemampuan kognisi bayi, sehingga ia mengerti cara berkomunikasi.
  5. Tidur Siang Bermanfaat untuk Mendukung Proses Belajar
    Tidur siang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan tingkat kognisi orang dewasa. Tidur siang juga bisa mengoptimalkan proses belajar si kecil. Saat tidur, otak akan bekerja untuk memperkuat memori sebelumnya. Tidur siang membantu si kecil mengingat hal-hal yang sudah dipelajari sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here