4 Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

0
206

Moms, menggunakan popok instan sekali pakai tentunya memudahkan kita dalam merawat bayi baru lahir ya. Namun hal yang tidak menyenangkan yang biasanya terjadi adalah ruam popok. Ruam popok dapat membuat kulit gatal, memerah, iritasi dan bahkan berdarah. Ini tentu saja bisa membuat bayi menjadi  rewel dan kerap menangis.

Jadi sebenarnya apa sih penyebab ruam popok pada bayi?

  1. Alergi popok instan sekali pakai

Terkadang bantalan popok mengandung bahan-bahan tertentu yang mungkin tidak sesuai dengan kulit sensitif bayi Anda, dan bahkan menyebabkan reaksi. Ini terutama merupakan penyebab utama bayi mengalami ruam popok, yang tidak disadari oleh orang tua.

Mungkin juga bayi Anda alergi terhadap merk atau jenis popok tertentu, jadi pastikan Anda melakukan penelitian menyeluruh sebelum memutuskan untuk memilih merk popok instan tertentu.

Moms juga dapat mempertimbangkan untuk mencari produk perawatan bayi yang hipoalergenik atau menggunakan bahan-bahan alami yang sesuai dengan kulit sensitif bayi.

  1. Ukuran yang salah

Sangat sulit untuk menemukan ukuran popok yang tepat untuk bayi Anda, terutama di tahun pertamanya. Jika Moms menggunakan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil, itu menghambat gerakan bayi dan membatasi kenyamanan mereka. Banyak orang tua membuat kesalahan ini dan membeli popok besar, mengira bayi mereka akan cepat tumbuh. Ini adalah kebiasaan yang keliru dan dapat menyebabkan ruam popok pada bayi.

  1. Penggunaan yang keliru

Menurut para ahli, alasan kuat mengapa banyak bayi mengalami ruam yang buruk adalah bahwa orang tua dan pengasuh melakukan kesalahan dengan memakai popok secara keliru, yaitu mereka tidak benar-benar memastikan pantat bayi dalam keadaan kering atau tidak mengganti popok secara berkala. Oleh karenanya pastikan bagian bawah bayi Anda benar-benar kering sebelum Anda menggunakan popok. Ini akan mengurangi kemungkinan gesekan dan iritasi kulit.

  1. Infeksi bakteri

Jika popok instan bayi tidak segera diganti ketika kotor ini dapat menyebabkan masalah dan mengiritasi kulit sensitif si kecil karena infeksi bakteri. Pastikan kebersihan yang benar, ganti popok bayi Anda secara berkala untuk membuatnya nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here