5 KEGIATAN RAMAH LINGKUNGAN UNTUK ANAK-ANAK SELAMA PANDEMIK

0
74

Moms, banyak perubahan yang terjadi di kehidupan kita sebagai dampak dari wabah COVID-19.

Hari ini 22 April 2020, tepat 50 tahun hari Bumi diperingati. Bagi banyak anak muda yang khawatir tentang masa depan Bumi dalam menghadapi perubahan iklim, pandemik yang terjadi saat ini memberikan banyak dampak baik negatif dan juga positif.

Moms, dengan kita stay at home, membuat menurunnya pergerakan manusia di alam dan lingkungan luar ruangan secara signifikan, dan ini dapat menyebabkan turunnya jumlah polusi udara, emisi gas rumah kaca dan gempa bumi.

Dalam rangka hari Bumi, kita selalu berkesempatan untuk membuat perbedaan, bahkan dengan hanya dari rumah lho Moms.

Berikut adalah beberapa kegiatan di rumah yang dapat Moms dan si kecil lakukan untuk mengalahkan kebosanan di masa pandemi, tetap positif, dan menciptakan masa depan yang ramah untuk Bumi:

1. Mengikuti pembelajaran online tentang lingkungan

Sejak Hari Bumi pertama di tahun 1970, kegiatan mengajar dan diskusi tentang topik-topik mengenai ramah lingkungan telah menjadi alat yang berharga untuk menginspirasi aksi masyarakat. Tahun ini, seiring dengan Hari Bumi yang digital, Moms bisa mendorong si kecil belajar mengenai alam via video digital atau cukup dengan menjelajahi halaman belakang.

Mereka dapat menemukan spesies apa yang hidup di halaman belakang mereka dan mengeksplorasi bagaimana mereka dapat melindungi habitatnya. Pastikan si kecil mandi dan berganti baju yang nyaman setelah menjelajah ya Moms.

2. Mencoba resep baru berbahan sayuran

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menghabiskan waktu di rumah selain mencoba resep baru. Moms  bisa lho makan makanan lezat dan sehat dengan mengonsumsi sayuran lebih banyak. Si kecil bisa membantu meneliti resep atau mencuci sayuran. Selain menguasai resep baru, anak dapat mengenal buah-buahan dan sayuran dan belajar meminimalkan limbah makanan.

3. Mengurangi polusi plastik

Minta si kecil untuk membantu mengaudit penggunaan plastik Anda di rumah dengan menghitung berapa banyak wadah plastik, pembungkus, botol dan tas yang Anda beli untuk dapur dan kamar mandi Anda.  Teliti bersama produk yang memiliki kemasan yang dapat didaur ulang.

4. Belajar melindungi species

Jika si kecil tertarik untuk melindungi keanekaragaman hayati, mempelajari berbagai spesies binatang dan tumbuhan adalah cara terbaik untuk memulainya. Yuk ajak anak untuk menonton film dokumenter lingkungan atau pertunjukan binatang dan pelajari bagaimana manusia dapat membantu melindungi spesies yang terancam punah.

5. Buat eco-art 

Menciptakan seni adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu di dalam ruangan dan masih terhubung ke Bumi. Yang menyenangkan ini juga dapat mengurangi stres. Gunakan bahan bekas yang ada di sekitar rumah, dan dorong anak untuk menciptakan sesuatu yang baru, seperti perhiasan, tas, atau pot tanaman.

Gimana Moms, tertarik untuk berkegiatan dengan si kecil?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here