5 Manfaat ASI yang Luar Biasa

0
109

ASI adalah salah satu sumber nutrisi terbaik untuk si kecil. ASI dalam porsi yang tepat, mencukupi kebutuhan bayi selama enam bulan pertama kehidupannya. Selain memberikan jumlah nutrisi yang optimal kepada bayi, ASI juga dipercaya melindungi si kecil dari berbagai alergi dan penyakit.

ASI sering disebut sebagai emas cair. Ini karena begitu berharganyanya ASI. Manfaat ASI ternyata tidak terbatas hanya pada peningkatan berat badan yang baik untuk bayi. ASI juga dapat mengurangi risiko infeksi.

Selain itu ASI juga kerap dijadikan sebagai langkah pengobatan lho Moms. Berikut diantaranya;

1. Sakit tenggorokan
Jika bayi baru lahir menderita batuk-pilek atau sakit tenggorokan, maka ASI dapat membantu menenangkan tenggorokannya.

2. Ruam popok
Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan rentan terhadap ruam. Jika bayi Moms menderita ruam popok, ASI dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Setelah mengoleskan ASI ke bagian ruam bayi, pastikan itu mengering sebelum mengenakan popok.

3. Melembabkan puting yang pecah-pecah
Hal umum bagi ibu baru bila menderita puting sakit dan pecah-pecah. ASI dipercaya dapat digunakan sebagai pelembab untuk menenangkan dan mengobati puting pecah-pecah dan kulit kering. Ini juga dapat membantu meredakan rasa sakit.

4. Infeksi telinga
ASI juga dapat digunakan sebagai obat untuk infeksi telinga pada bayi. Banyak ibu baru melaporkan bahwa setetes ASI di telinga bayi dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat infeksi telinga. ASI mengandung antibodi tinggi yang katanya dapat melindungi bayi dari infeksi.

5. Jerawat bayi
Banyak bayi baru lahir memiliki jerawat. Meskipun benjolan merah kecil ini biasanya hilang dengan sendirinya, Moms dapat menggunakan ASI untuk menghilangkan jerawat. Oleskan ASI di daerah berjerawat atau gunakan bola kapas yang dibasahi ASI ke seluruh bagian yang sakit.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here