5 PANDUAN DALAM MEMPERSIAPKAN RAMADHAN

0
98

Moms, alhamdulillah kita masih diberi kesempatan bertemu bulan suci Ramadhan tahun ini. Sebagai ibu, di bulan Ramadhan kita memiliki tanggung jawab mengurus keluarga di rumah dan juga meningkatkan amal ibadah. Moms mungkin sedikit kewalahan memikirkan bagaimana mempersiapkan sahur dan buka puasa setiap hari, menambah ibadah tambahan, menyelesaikan pekerjaan rumah, mungkin ditambah pe-er dari kantor dan sekolah anak, dll.

Memikirkan semua ini mungkin melelahkan, tetapi dengan sedikit perencanaan ke depan, insyaAlloh kita pun dapat memanfaatkan Ramadhan ini sebaik-baiknya.

Yang paling penting untuk memastikan bahwa Ramadhan ini kita mencapai semua atau hampir semua tujuan, adalah merencanakan dengan baik.

  • Mempersiapkan Fisik

Kita akan berpuasa sepanjang hari, melakukan shalat terawih, mengkhatamkan Al-Quran dan menghadiri kajian online karena masa pandemik. Semua kegiatan ekstra ini akan membutuhkan lebih banyak kekuatan dan energi daripada yang biasanya kita gunakan secara teratur. Berikut adalah beberapa ide untuk membantu mempersiapkan fisik agar lebih bugar:

  1. Lakukan olahraga ringan: Cobalah untuk memasukkan 5-10 menit latihan ringan setiap hari untuk memberi energi pada tubuh.

Dan untuk si kecil, cobalah untuk mendorong mereka untuk berpartisipasi berolahraga. Latihan ringan bahkan bisa datang dari permainan kejar-kejaran.

2. Makan makanan sehat: Makan sehat memberi tubuh imunitas yang diperlukan untuk meningkatkan energi dan membuat kita dapat terus beraktivitas.

Makanlah dengan ukuran yang sesuai. Hindari makanan tinggi lemak, garam dan gula. Tambahkan banyak buah, sayuran, nasi dan biji-bijian. Minum banyak cairan menjelang Ramadhan dan sebelum / sesudah puasa.

  • Mempersiapkan Amal Ibadah

3. Membaca Al-Qur’an: Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Quran selesai dan diturunkan, jadi pastikan untuk mengatur waktu untuk fokus pada hal itu setiap hari.

Jika Moms kesulitan membaca Al-Qur’an dalam bahasa Arab, ketahuilah bahwa Allah akan memberi hadiah lebih daripada mereka yang bisa membacanya dengan mudah.

4. Menyiapkan Daftar Doa: Mulai tuliskan apa yang ingin hafalkan selama bulan Ramadhan. Dengan cara ini Moms dapat memastikan bahwa waktu tidak berlalu tanpa berdoa untuk hal-hal penting dalam hidup.

Libatkan pula anak-anak untuk membuat toples doa. Mintalah si kecil menghiasi kertas doa yang telah Moms persiapkan. Tulis 30 atau 60 doa yang berbeda dari Al-Qur’an, hadits ke selembar kertas kecil. Setiap hari pilih waktu seperti setelah fajar, atau di malam hari dan pilih sejumlah kertas / doa untuk dibaca.

5. Tetapkan tujuan Ramadhan: Ramadhan terbang begitu cepat setiap tahun, jadi Moms harus menetapkan tujuan yang jelas sejak awal. Misalnya, berapa banyak ayat Qur’an yang ingin Moms baca setiap hari? Berapa banyak sedekah yang ingin Moms berikan? Hal-hal apa yang Moms inginkan untuk terlibat dengan anak-anak? Dll.

Semoga bulan Ramadhan tahun ini bisa kita jalani dengan sebaik-baiknya ya Moms. Selamat Ramadhan!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here