5 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Ibu Menyusui

0
188

Menyusui jadi momen penting karena bermanfaat untuk ibu dan bayi. Jika Moms adalah ibu baru, pasti memiliki beberapa pertanyaan seputar menyusui. Ketahui 5 pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu yang sedang menyusui berikut ini.

 

  1. Apa yang dimaksud dengan “growth spurts?”
    Growth spurts adalah saat-saat ketika bayi tumbuh sangat pesat dan membutuhkan susu lebih banyak daripada biasanya. Pada masa ini, lebih sering minta disusui dan tidur lebih singkat. Growth spurts biasanya terjadi pada usia 2-3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan seterusnya. Masa ini berlangsung selama 2-3 hari tetapi mungkin juga hingga seminggu. Bagaimana dengan kecukupan produksi ASI? Jangan khawatir, karena adanya prinsip supply & demand maka payudara akan beradaptasi untuk mencukupi kebutuhan ASI pada masa growth spurts.
  2. Apa saja tanda saat bayi sedang lapar?
    Saat lapar, bayi akan menunjukan beberapa tanda berikut ini, gerakan cepat pada mata di bawah bulu mata ketika ia mulai bangun, gerakan menghisap dan menjilat pada mulutnya, memasukkan tangan ke mulut dan menggeliat (ngulet) dan gerakan tubuhnya bertambah.
  3. Apakah aman menyusui saat sakit?
    Menyusui saat sakit sebenarnya diperbolehkan, namun dalam beberapa kondisi seperti sakit HIV/AIDS, pengobatan kanker, TBC Aktif, harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.
  4. Apa saja yang harus dikonsumsi selama sakit?
    Ikuti aturan ini. Makanlah saat lapar dan berhenti saat kenyang. Makanan yang harus dimakan adalah sama seperti ketika saat hamil trimester terakhir, namun ditambah 150-200 kalori per harinya.
  5. Bagaimana cara mengetahui susu mengalir ke bayi saat menyusu?
    Moms akan mendengan suara  “kaa, kaa, kaa” atau suara lainnya. Selain itu, bila kita menyusui dengan benar kita tidak akan merasa sakit. Indikator lainnya adalah dari payudara sendiri. Bila sudah dihisap oleh bayi hingga kosong atau hampir kosong, payudara menjadi lunak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here