5 TIPS ASI LANCAR SAAT PUASA RAMADHAN

0
75

Moms, sebagai seorang ibu yang menyusui, kita diperbolehkan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan ini. Ketika berpuasa dianggap bisa membahayakan kesehatan diri ibu dan anaknya atau salah satunya, maka ibu menyusui diperbolehkan tidak berpuasa di bulan Ramadhan.

Bayi masih memerlukan asupan nutrisi dan gizi lewat air susu ibu. Maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila ibu ingin tetap berpuasa dalam keadaan menyusui agar asupan nutrisi dan gizinya baik. Apa saja yang perlu dilakukan ibu menyusui sebelum memutuskan untuk berpuasa agar asi tetap lancar?

  1. Berkonsultasi dengan Dokter/Bidan

Baiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter/bidan untuk mengetahui kondisi tubuh ibu menyusui baik atau tidak. Ini agar ibadah puasa akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya pengaruh buruk untuk kesehatan ibu dan bayi.

  1. Makan dengan gizi seimbang

Asupan makanan sehat mempengaruhi tubuh Moms ketika berpuasa. Karena saat ini kebutuhan gizi dalam tubuh ibu juga ikut dibutuhkan oleh si kecil yang masih menyusui.

  1. Perbanyak konsumsi cairan tubuh

Kekurangan cairan ketika berpuasa adalah hal yang wajar. Oleh karenanya atasi dengan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh dengan lebih baik. Asupan air putih yang cukup ketika sahur dan buka puasa harus minimal 2 liter. Ini dapat ditambahkan dengan jus, susu atau madu. Dengan tercukupinya asupan air maka kemungkinan kekurangan cairan yang akan berpengaruh pada kuantitas air susu ibu akan dapat diminimalisir.

  1. Disiplin pumping asi dan menyusui

Agar air susu ibu tetap lancar selama ibu berpuasa maka cara terbaik adalah dengan disiplin memberikannya pada si kecil. Prinsip kuantitas asi yakni supply by demand. Semakin sering menyusui maka produksi asai akan semakin banyak.

  1. Istirahat yang cukup namun jangan memaksakan diri bila ibu tidak sanggup

Berpuasa dalam keadaan menyusui tentu berbeda dengan kondisi biasa. Bila terasa lemas maka segeralah beristirahat. Namun bila merasa tidak sanggup berpuasa maka jangan memaksakan diri. Kondisi setiap ibu berbeda oleh karenanya ibu menyusui boleh tidak berpuasa dan menggantinya lain waktu atau membayar fidyah.

Semoga Moms bisa menjalankan puasa di bulan Ramadhan dengan tips diatas ya, namun jika pun tidak Moms tetap bisa melakukan amal ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini, dan tentunya mendapatkan nilai kebaikan dalam menyusui si kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here