5 Tips Menangani Bayi Baru Lahir

0
180

Moms, menangani bayi yang baru lahir memang membutuhkan banyak ketelitian dan keahlian. Kadang-kadang, ibu yang belum berpengalaman memiliki masalah saat menangani anak yang baru lahir, karena takut terjatuh atau cedera lain yang tidak disengaja.

Oleh karena itu, untuk menjaga bayi agar aman dan sehat, Moms bisa mencari bantuan dari keluarga, teman atau menyewa perawat, untuk mendapatkan bantuan-bantuan kecil.
Dokter anak juga dapat menjadi sumber informasi terbaik untuk membantu Moms mengetahui cara menangani bayi.

Berikut ini 5 tips menangani buah hati yang baru lahir tanpa rasa takut.

1. Bayi yang sangat muda sangat rentan terhadap berbagai jenis infeksi, karena sistem kekebalan mereka belum sepenuhnya dewasa. Karenanya, sebelum mendekat atau menggendong bayi, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan yang baik.

2. Bayi yang baru lahir memiliki tulang punggung yang sangat lemah dan rapuh, karena sumsum tulang belakang belum sepenuhnya tumbuh. Karena itu, berhati-hatilah saat menggendong kepala dan leher bayi Moms ya. Selalu dorong kepala bayi sambil menggendong bayi dan topang kepalanya ketika digendong atau saat diletakkan di kasur.

3. Saat Moms hendak membangunkan bayi, jangan pernah menggoyang bayi. Mengguncang bayi yang baru lahir saat bermain atau karena alasan lain dapat menyebabkan pendarahan internal di kepala dan akhirnya menyebabkan kematian.

4. Ketika berpergian, pastikan Moms menjaga bayi dengan aman dan nyaman di gendongan atau car seat. Di mana pun bayi diletakkan, usahakan agar bayi tidak terguncang selama perjalanan.

5. Jangan bermain dengan kasar, seperti melambungkan bayi ke udara. Bayi belum sudah berkembang penuh, oleh karenanya hindari aktivitas yang dapat membuat cedera internal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here