5 Tips Pengasuhan Yang Harus Orang tua Terapkan di Rumah

0
352

Sebagai orang tua, kita semua ingin anak-anak kita menjadi baik. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk membesarkan anak-anak mereka dengan cara sebaik mungkin.

Tapi bagaimana cara untuk melakukan pola asuh yang baik bagi anak?

Pola asuh yang baik adalah menerima tanggung jawab untuk perkembangan total anak, memberikan dukungan moral dan bimbingan spiritual, dan membimbingnya melalui komunikasi terbuka dan saling menghormati. Orang tua yang bertanggung jawab menanamkan nilai-nilai yang baik, menetapkan batasan, dan memengaruhi perilaku anak secara positif.

Berikut adalah 5 tips pengasuhan yang harus diterapkan oleh setiap orangtua di rumah:

  1. Habiskan waktu berkualitas dengan anak-anak

Hal terbaik yang dapat orang tua berikan kepada anak-anak adalah waktu. Tidak peduli seberapa sibuk Anda dan anak-anak, luangkanlah waktu bersama untuk ‘berkomunikasi.’ Ciptakan pemahaman dan kebersamaan yang lebih besar. Main game, bersenang-senang bersama-sama. Pastikan Anda menanamkan kebiasaan dan integritas yang baik sambil menghabiskan waktu bersama.

  1. Berikan anak cinta tanpa syarat

Cinta dan kehangatan Anda adalah hal dasar untuk membuat anak bahagia. Semakin banyak anak merasa dicintai oleh Anda, semakin mereka akan mendengarkan Anda dan belajar. Berikan anak Anda cinta tanpa syarat sebelum Anda mengajarkan mereka cara-cara duniawi. Berikan dengan pelukan, ciuman, dan kata-kata.

  1. Tidak memukul

Moms, memukul akan berdampak negatif pada perkembangan dan harga diri anak. Terkadang anak-anak lepas kendali, dan dapat dimengerti jika orang tua cenderung kehilangan kesabaran dan mengangkat tangan untuk mendisiplinkan anak-anak.

Ini mungkin membantu orang tua untuk sementara melampiaskan kemarahan mereka, tetapi tidak hanya meninggalkan anak Anda dengan kenangan pahit seumur hidup, itu mengajarkan mereka untuk menggunakan kekerasan ketika mereka marah. Jadi lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk mengendalikan diri, tetapi jangan pernah menggunakan kekuatan fisik.

4. Menepati janji

Selalu menepati janji yang Anda buat untuk anak. Dengan cara ini Anda mengajar si kecil untuk bertanggung jawab dan cakap. Jangan pernah mengatakan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan untuknya. Jika Anda terus mengatakan hal-hal yang tidak pernah Anda lakukan, anak-anak Anda tidak akan pernah mendengarkan atau menganggap Anda serius.

  1. Jadilah panutan

Disiplinkan anak Anda dengan menjadi panutan dan pengaruh yang baik. Anak-anak adalah cerminan dari orang tua dan apa yang mereka lihat di sekitarnya. Jika kita ingin mengubah refleksi kita, kita harus mengubah diri kita sendiri. Jadi, lakukan yang terbaik karena anak-anak memperhatikan Anda dan mencontoh Anda dengan lebih dari satu cara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here