7 KUNCI UTAMA UNTUK YANG ORANG TUA BARU PERLU DIKETAHUI

0
171

Menjadi orang tua baru memanglah sulit. Adaptasi dalam menjalankan peran sebagai ibu dan ayah tidak bisa dilakukan secara instan. Namun, dorongan eksternal seperti support keluarga harus menjadi pemicu para orang tua baru untuk mempelajari peran sebagai orang tua dengan cepat dan benar.

Untuk itu, diperlukan pengantar utama untuk para orang tua baru agar dapat memahami bayi dengan baik dan meningkatkan koneksi dengan sang bayi. Dikutip dari The Baby Book karya William Sears, ada 7 hal penting yang wajib diketahui oleh para orang tua baru, yaitu:

  1. Birth Bonding, Membangun Koneksi dengan Sang Bayi

Di awal kelahiran, membangun ikatan orang tua baru dengan sang bayi adalah peluang yang tepat. Bulan pertama adalah periode sensitif dan kedekatan awal antara Moms dan bayi mendorong kelekatan alami. Habiskan waktu bersama dengan sang bayi dengan arahan dari dokter kandungan. Berikan waktu untuk sang bayi mengenali Moms, baik dari suara dan sentuhan tubuh. Namun, jika Moms harus melakukan pemisahan dengan bayi dengan alasan komplikasi medis, berikan banyak perhatian untuk mengenali kondisi sang bayi.

  1. Belief in Your Baby’s Cries, Peka dan Tanggapi Isyarat Sang Bayi

Salah satu tantangan Moms dan ayah paling awal adalah mencari tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan sang bayi, dan kadang kala membuat frustasi para orang tua baru. Santai! Bayi dibekali dengan perilaku seperti magnet yang sangat menarik dan dimunculkan melalui tangisan, senyuman dan gerakan. Dan semua orang tua, terutama ibu, memiliki sistem intuitif bawaan yang dapat menanggapi isyarat bayi, seperti jaringan pemancar dan penerima. Lakukan komunikasi sederhana dan lembut kepada sang bayi, baik ketika menangis maupun tidak, untuk menciptakan koordinasi yang baik.

  1. Breastfeed Your Baby, Berikan ASI untuk Sang Bayi

Menyusui memang urusan keluarga. Moms yang menyusui bayinya akan sukses dengan peran ayah yang mendukung. Manfaat menyusui dalam meningkatkan kesehatan dan perkembangan bayi sangatlah besar. Setiap kali bayi Moms menyusu, hormon prolaktin dan oksitosin masuk ke dalam tubuh Moms untuk membentuk intuisi ibu. Maksimalkan waktu menyusui Moms dengan bayi dan libatkan peran ayah didalamnya.

  1. Babywearing, Bawa Bayi Anda Kemana Pun

Baby carrier akan menjadi salah satu barang yang sangat diperlukan. Tapi jangan pernah memiliki pola pikir ayah dan Moms mengenai kegunaan baby carrier yang dipakai hanya untuk menyimpan bayi ketika ayah dan Moms memiliki kesibukan. Gunakan baby carrier sebagai pengganti timang-timang Moms dan babywearing sebagai tempatnya tertidur lelap. Yang paling mencolok, tangis bayi akan sedikit berkurang dengan berada dalam pelukan Moms. Tentunya, babywearing akan menguntungkan orang tua baru yang memiliki gaya hidup cukup sibuk.

  1. Bedding Close to Baby, Tidurlah bersama Sang Bayi

Berbagi tempat tidur dengan sang bayi terkadang sulit dilakukan bagi masyarakat modern. Namun hal ini menjadi opsi terbaik untuk lebih mengenal sang bayi dan tidak menciptakan kerepotan ketika sang bayi butuh perhatian dengan cepat. Atau setidaknya, berikan bayi tempat yang nyaman dan tidak jauh dari lokasi Moms dan ayah beristirahat.

  1. Balance and Boundaries, Berikan yang Terbaik dan yang Sang Bayi Butuhkan

Dalam semangat orang tua baru, tentunya ada godaan untuk memberikan segalanya pada sang bayi. Tetap pelajari apa-apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan bayi Moms dan ayah, jangan berlebihan. Hal tersebut akan sangat merepotkan orang tua dan sang bayi. Nomorsatukan kenyamanan dan kesehatan sang bayi, dan praktikkan dengan pola asuh yang menyenangkan.

  1. Beware of Baby Trainer, Waspada dengan Instruksi dari Luar

Disaat-saat rentan, Moms dan ayah akan menghadapi segala jenis nasihat dari berbagai pihak mengenai pola asuhan yang tepat untuk sang bayi. Jika diterima secara ekstrim, bayi pun akan kehilangan kepercayaan pada isyarat-isyarat yang diberikan dan orang tua pun dapat kehilangan kemampuan membaca dan menanggapi isyarat bayinya. Poin pentingnya adalah terhubung langsung dengan bayi, maka manfaatkan semua hal berharga yang dapat dilakukan pada periode pengasuhan di awal. Ciptakan gaya sendiri dalam mengasuh sang bayi supaya mendapatkan koneksi terbaik satu sama lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here