7 Tanda Kehamilan Sehat yang Harus Moms Ketahui

0
196

Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat untuk ibu dan janin dalam kandungan. Kunci terpenting untuk mendapatkan kehamilan sehat adalah memperhatikan 7 hal berikut ini. Simak selengkapnya di sini ya Moms.

  1. Berat badan yang naik
    Kehamilan yang baik ditandai dengan kenaikan berat badan ibu. Berat badan biasanya akan naik secara bertahap. Kenaikan berat badan yang normal adalah 12-15 kg.
  2. Kadar Gula Darah
    Saat hamil, Moms harus memperhatikan peningkatan insulin karena insulin yang terlalu tinggi menggambarkan kondisi diabetes. Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin untuk memastikan kadar gula darah tetap ada di dalam batas normal.
  3. Tekanan Darah
    Perhatikan tekanan darah. Jaga agar tekanan darah selama hamil tetap dalam batas normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komplikasi kehamilan dan persalinan.
  4. Perhatikan Gerakan Janin
    Di bulan keempat dan kelima, Moms akan merasakan bayi bergerak secara berkala. Nikmatilah setiap gerakannya. Jika bayi tidak bergerak aktif seperti biasanya, konsultasikan segera ke dokter.
  5. Payudara Mengencang
    Saat hamil, hal yang wajar jika Moms merasakan payudara yang kencang dan padat. Hal ini menandakan payudara mulai memproduksi ASI & kehamilan berjalan dengan lancar.
  6. Perubahan Hormon
    Saat hamil, kadar hormon progesteron pada wanita yang sedang hamil dapat meningkat hingga 400 mg.
    Selain hormon progesteron, hormon lain yang juga meningkat dalam tubuh wanita hamil adalah hormon estrogen. Hormon ini sangat penting karena membentuk jaringan dan menampung janin dalam kandungan Ibu.
  7. Rahim dan Plasenta
    Janin dikelilingi plasenta yang melekat di dinding rahim. Tanda kehamilan yang sehat adalah kondisi rahim dan plasenta yang baik. Periksakan ke dokter jika Moms sebelumnya memiliki riwayat masalah dengan rahim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here