Bagaimana Menenangkan Tangis Bayi dan Balita?

0
39

Bayi melakukan komunikasi melalui beragam cara, salah satunya adalah menangis. Lewat menangis, ia menyampaikan keinginan, keluhan dan perasaannya. Tidak jarang bayi menangis disertai dengan jeritan. Tentunya hal ini akan membuat Moms panik. Jika hal ini terjadi, simak cara bagaimana menenangkan tangis bayi di sini yuk Moms. Cara ini juga bisa Moms aplikasikan saat ia sudah mencapai umur balita nanti.

  1. Mainkan Musik
    Tidak harus musik yang dikhususkan untuk bayi. Moms bisa menyetel beragam musik lainnya yang cocok untuk menenangkan bayi. Pilih musik yang tenang ya Moms. Musik yang tenang punya kemampuan untuk menenangkan sistem saraf, yang menurunkan detak jantung dan sistem pernapasan bayi.
  2. Rekam Tangisnya dan Putarkan Kembali
    Sudah coba cara cerdas ini belum Moms? Cara tidak biasa ini ampuh untuk meredakan tangis bayi dan balita lho! Kenapa bisa berhasil? Bayi terkadang merasa sangat tertekan. Dia mengalami kesulitan menenangkan diri, bahkan karena hal-hal biasa seperti popok basah, lapar, atau kegerahan. Namun dengan pengalihan pikiran yang mengejutkan, seperti memutar rekaman suara tangisan mereka sendiri, dapat membuatnya lupa dengan apa yang sedang ditangisi. Menurut seorang dokter, bayi sangat tertarik dengan dunia di sekelilingnya, jadi hanya dengan memperkenalkan sesuatu yang baru saja dapat meredakan tangisannya.
  3. Gelapkan Ruangan atau Buat White Noise
    Tidak hanya orang dewasa, bayi pun kadang terganggu dengan ruangan yang terlalu terang. Coba gelapkan ruangan dan gendong si kecil agar merasakan dekapan yang nyaman. Moms juga bisa membuat white noise atau suara bising yang menenangkan seperti suara penyedot debu, suara pengering rambut atau suara mesin. Mengapa cara ini berhasil? Karena suara ini mengikuti apa yang didengar bayi saat masih di perut dan darah ibunya mengalir melalui plasenta. White noise juga menutupi suara lainnya, seperti suara berisik kakak yang sedang seru bermain. Saat memperdengarkan white noise, pastikan volumenya pelan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here