BERENCANA MENERAPKAN POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK? SIMAK DULU PENJELASAN BERIKUT INI

0
500

Baru menjadi orang tua dan masih bingung pola asuh seperti apa yang harus diterapkan pada anak? Ingin menerapkan pola asuh orang tua pada anak? Sebelum menerapkan metode parenting, perhatikan dulu zaman dan kebiasaan yang ada ya Moms. Sekarang merupakan eranya keterbukaaan pada pola komunikasi di dunia maya. Kebanyakan orang tua akan memberikan ruang dialog yang lebar, sehingga anak tidak akan segan mengutarakan pendapat dan keinginannya. Sangat dianjurkan untuk menerapkan pola asuh yang luwes, artinya luwes dalam menerapkan aturan dan mengimbangi perilaku anak.

Namun, bersikap luwes bukan berarti mengabaikan aspek challenge dan structure. Artinya, hindari untuk mengikuti semua kemauan anak, kenapa? Karena tanpa adanya ketentuan dan tantangan dari orang tua, anak akan tumbuh tanpa aturan, manja dan tidak terbiasa menghadapi tantangan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa perbedaan pola asuh orang tua zaman dulu dan zaman sekarang di bawah ini ya Moms.

  1. Perbedaan secara finansial

Orang tua dulu dan sekarang jelas memiliki perbedaan secara finansial. Orang tua sekarang memiliki masalah milenial yang lebih berat dibandingkan generasi zaman dulu. Sekarang kebanyakan orang tua ‘harus’ memasukan anak ke baby gym sebelum memasuki usia sekolah formal. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang jauh lebih besar.

  1. Kepercayaan diri yang berbeda

Orang tua sekarang lebih percaya diri untuk menunjukan skill parentingnya. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Moms millenial lebih terbuka dalam pola pengasuhan, seperti selebriti Andien yang menggunakan metode Baby Led Weaning atau BLW untuk anaknya.

  1. Perbedaan usia dalam memiliki momongan

Saat ini lebih banyak wanita yang beruntung mendapatkan pendidikan dan kesempatan untuk bekerja, sehingga mereka biasanya menikah dan memiliki anak di usia yang tidak sama dengan ibu di zaman dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here