Cara Melatih Bayi Agar Cepat Berjalan

0
904

Melihat perkembangan bayi selalu membawa kebahagiaan tersendiri, tidak terkecuali saat melihat kemampuannya berdiri kemudian berjalan. Biasanya bayi mulai bisa berjalan di atas usia 9 bulan. Agar ia cepat mengembangkan kemampuan berjalan, simak tipsnya berikut ini yuk Moms.

Berikan Stimulasi Sejak Dini
Kekuatan otot kaki dan pinggul sangat berpengaruh terhadap kemampuannya berjalan. Mulai berikan stimulasi pada kekuatan otot-ototnya sejak usia 4 atau 5 bulan. Caranya dengan memegang bayi dengan posisi berdiri.

Berikan Trigger pada Bayi untuk Terus Bergerak
Berdiri membuat bayi terangsang untuk melakukan kemampuan lainnya. Dorong bayi untuk berpindah tempat menggunakan kedua kakinya dengan meletakan mainan favorit di tempat yang agak jauh. Aktivitas ini akan merangsang bayi untuk melakukan gerakan merambat dengan berpegangan pada perabotan lainnya.

Berikan Bantuan
Berikan bantuan tidak dengan cara mengulurkan kedua tangan, hal ini akan membuat bayi memiringkan tubuhnya ke depan. Fokuslah pada kekuatan kaki dan pinggulnya. Saat otot-otot ini kuat, mulailah untuk melatihnya berjalan.

Rutin Playdate
Bayi akan mudah belajar berjalan saat ia sering melihat temannya yang lain. Coba ajak bayi Moms playdate dengan balita lainnya yang juga sedang berlatih berdiri dan berjalan. Dengan rutin melakukan hal ini, bayi akan terdorong untuk menirunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here