Cara Mendidik Anak yang Tepat Menurut Psikologi

0
338

Salah satu tantangan membesarkan anak adalah mendidiknya dengan baik dan benar. Apa yang diajarkan sejak kecil akan melekat hingga anak dewasa nanti. Ketahui beberapa pola asuh menurut psikolog berikut ini yuk Moms..

Pola asuh demokratis
Gaya pengasuhan seperti ini menetapkan aturan dan pedoman untuk anak-anak mereka, tapi tidak otoriter. Orang tua jauh lebih terbuka untuk mendengarkan perkataan anak dan memahami kebutuhan mereka. Jika melanggar aturan, anak-anak akan ditegur dengan cara halus dan tidak menggunakan kekerasan. Meski memantau dan mengawasi perilaku anak-anak, orang tua tidak akan ikut campur dalam kehidupan anak misalnya ketika mencari teman.

Otoriter
Orang tua yang otoriter biasanya menerapkan beberapa aturan yang harus diikuti anak-anak. Jika tidak dipatuhi biasanya orang tua akan memberikan hukuman. Anak-anak akan ditarik dan mungkin tidak dapat berpikir untuk diri mereka sendiri. Ini karena mereka tidak pernah diberi kesempatan berbicara dan mengeluarkan pendapatnya. Jika ini adalah gaya pola asuh Moms, coba ajak si kecil untuk dapat mengeluarkan ide-ide dan pendapat. Jika si kecil tidak memahami kenapa mereka harus disiplin, coba jelaskan apa alasan Mam menetapkan peraturan tersebut.

Pola Asuh Permisif
Pola asuh permisif adalah jenis pola mengasuh anak yang cuek terhadap anak. Jadi apa pun yang mau dilakukan anak diperbolehkan seperti tidak sekolah, bandel, melakukan banyak kegiatan maksiat, pergaulan bebas negatif, matrialistis, dan sebagainya. Biasanya pola pengasuhan anak oleh orangtua semacam ini diakibatkan oleh orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here