Ciri Bunda sedang Hamil Bayi Kembar

0
306
This mother is sharing the news of having twins with a picture!

Moms, jika punya salah satu anggota keluarga yang kembar, kemungkinan besar Moms juga bisa melahirkan anak kembar. Selain factor genetika, Moms bisa mengetahui ciri-ciri hamil kembar dengan tanda berikut.

1. Berat badan naik dengan cepat
Jika Moms mengalami kenaikan berat badan sampai 5 kg pada trimester pertama, bisa jadi Moms mengandung anak kembar dikarenakan ukuran rahim dan volume darah meningkat lebih besar. Selain itu, pada trimester kedua dengan janin kembar, Moms akan alami kenaikan berat badan sekitar 7-12 kg.

2. Hamil muda tapi perut besar
Ciri hamil kembar lainnya adalah perut yang sangat besar meski usia kandungan masih mudah. Ukuran rahim yang lebih besar dari ibu hamil lainnya, bisa menjadi tanda ada dua janin di dalam sana.

3. Mual yang parah
Lebih dari 50% ibu yang hamil bayi kembar, mengalami mual pagi hari yang cenderung lebih parah daripada ibu hamil janin tunggal. Meski demikian, beberapa ibu hamil bayi kembar juga ada yang tidak mengalami ini.

4. Gerakan janin terasa lebih awal atau lebih sering
Banyak Ibu dengan kehamilan janin kembar alami gerakan janin lebih awal dan banyak yang percaya itulah tanda-tandanya. Meski demikian, hal ini bukan menjadi patokan. Secara medis, gerakan yang dirasakan pada rahim tidak menjadi jaminan berapa jumlah janin yang ada dalam kandungan.

5. Ada dua detak jantung
Ciri hamil bayi kembar lainnya adalah saat pemeriksaan kehamilan dan dokter mendengar dua detak jantung. Hal ini bisa terjadi pada trimester pertama dan dokter mendengar detak jantung yang berbeda.

6. Hasil tes AFP yang sangat tinggi
Tes AFP (an alpha fetoprotein) adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan pada trimester kedua. Biasanya dilakukan untuk memeriksa kemungkinan cacat lahir pada bayi, dan mengukur jumlah protein tertentu yang dikeluarkan oleh jantung bayi. Bila hasil tesnya sangat tinggi, bisa menjadi indikasi bahwa janin yang dikandung adalah kembar.
Akan tetapi, hasil tes AFP yang tinggi juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada janin tunggal di perut ibu. Sehingga dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan USG untuk menyelidiki lebih lanjut.

7. Kelelahan yang ekstrim
Kehamilan sering membuat Ibu gampang lelah, namun mengandung anak kembar akan membuat energi dalam tubuh ibu lebih cepat habis. Hal ini dikarenakan tubuh Ibu akan bekerja lebih keras untuk memberi nutrisi dan merawat tumbuh kembang janin.

8. Pemeriksaan USG
Bila usia kehamilan sudah cukup, maka pemeriksaan USG bisa menunjukkan adanya lebih dari satu janin dalam kandungan Anda.

9. Meningkatnya level hCG
Human chorionic gonadotropin atau hCG adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta setelah implantasi terjadi. Meningkatnya level hCG di tubuh ibu bisa menjadi tanda kehamilan kembar.

10. Bentuk perut yang sangat besar
Mengukur besar dan panjang fundus perut Ibu hamil diperlukan untuk mengetahui usia kehamilan dan kematangan janin. Ibu hamil yang mengandung janin kembar, rahimnya akan lebih meregang dan bisa jadi tinggi fundusnya lebih besar daripada usia kehamilan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here