IDE KREATIF BERMAIN BERSAMA BAYI

0
427

Moms, selama bulan pertama kehidupan, bayi Anda akan belajar dengan berinteraksi dengan Anda. Oleh karenanya bermain bersama si kecil adalah cara utama agar ia belajar cara bergerak, berkomunikasi, bersosialisasi, dan memahami lingkungannya.

Bayi akan selalu suka melihat wajah Anda, ibunya. Ia dapat mengenali dan merespons suara ibu atau ayah atau suara menarik lainnya dengan terlihat waspada. Mungkin ia mencoba mencari tahu dari mana suara itu berasal dengan melihat sekeliling dan memalingkan kepalanya.

Bayi akan belajar dari sentuhan Anda, suara Anda, dan tatapan Anda saat memenuhi kebutuhannya akan kenyamanan dan makanan.

Ketika Anda merawat bayi yang baru lahir, berbicaralah, tersenyum, dan berinteraksi dengannya. Perhatikan dan tanggapi isyarat bayi. Sebagai contoh, perhatikan bagaimana bayi Anda bergerak. Cobalah ‘mengobrol’ satu sama lain. Beginilah cara bayi belajar berkomunikasi.

Dalam beberapa minggu pertama, Moms mungkin ingin memperkenalkan beberapa mainan sederhana yang sesuai dengan usianya. Namun ketika bayi bosan dengan mainannya, sangat mudah untuk beralih pada kartun dan membiarkan layar TV atau smartphone melakukan keajaibannya.

Warna, suara, dan gerakan dari acara kartun benar-benar memikat dan merangsang bayi, namun menempatkan bayi di depan layar bukanlah hal baik untuk mengembangkan otaknya. Bahkan sebaiknya bayi bebas dari paparan layar TV atau smartphone paling tidak hingga usia 18 bulan.

Jadi apa yang harus dilakukan seorang ibu? Berikut adalah beberapa ide kreatif untuk bermain bersama bayi sambil menstimulasi otaknya.

  1. Nyanyikan Lagu

Moms, bayi suka musik. Ubah aktivitas sehari-hari menjadi bernyanyi bersama dengan mengarang lagu-lagu yang menyenangkan, hal ini bisa saat Moms memberikan asi, memandikan si kecil atau ketika melakukan aktifitas harian seperti menyiapkan makan siang, melipat cucian, dll.

  1. Mainkan Musik

Mainkan berbagai irama dan melodi yang menyenangkan untuk merangsang bayi yang hebat dalam matematika.

  1. Menjadi Pendongeng

Tidak pernah terlalu dini untuk membacakan buku untuk bayi. Pendongeng terbaik menggunakan banyak infleksi suara dan perubahan nada.

  1. Bermain dengan Sensorik

Temukan barang-barang dalam bentuk, ukuran, warna, atau tekstur yang beragam, keluarkan panci dan wajan dan biarkan bayi menyalurkan kemampuan band-nya. Anda tidak perlu mainan paling mahal saat bayi puas bermain dengan hal-hal yang dapat Anda temukan di sekitar rumah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here