Ini Dia Perbedaan Pada Tubuh Wanita Yang Telah Melahirkan

0
409

Moms, tubuh Anda pasti terlihat berbeda setelah melahirkan. Ini tentu saja karena di dalam tubuh Moms telah tumbuh manusia mungil selama 9 bulan hingga ia lahir ke dunia. Tubuh tentu mengalami transformasi besar sepanjang 9 bulan dan berefek setelah melahirkan. Apa saja perbedaan pada tubuh wanita yang telah melahirkan?

Ukuran payudara Moms kemungkinan besar akan terus meningkat karena meningkatnya aliran darah dan susu. Saat tubuh Anda bersiap untuk menghasilkan susu untuk bayi, ukuran payudara Anda dapat meningkat secara dramatis dan bahkan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Jika Anda menyusui secara teratur, rasa sakit secara bertahap akan hilang. Jika Anda sedang tidak menyusui, Anda bisa menggunakan kompres hangat, mandi air untuk meringankan jika ada bengkak.

Berkat semua dorongan yang telah Anda lakukan selama persalinan, tidak jarang ibu baru merasa lelah sampai ke tulang-tulangnya. Oleh karenanya, penting untuk beristirahat sebanyak yang Anda bisa. Inilah sebabnya disarankan untuk ikut menutup mata setiap kali si kecil tidur.

Hingga enam minggu setelah melahirkan, Moms juga akan mengalami keputihan yang dikenal sebagai lochia yang memiliki darah, lendir dan jaringan rahim. Pada fase ini Moms disarankan untuk menggunakan pembalut agar nyaman.

Selain itu, selama beberapa minggu pertama setelah melahirkan, adalah normal untuk merasakan sensasi terbakar ketika Anda buang air kecil. Banyak ibu baru juga menderita inkontinensia urin dan feses. Karena otot-otot dan ligamen dasar panggul Anda melemah setelah persalinan, urin mungkin keluar saat Anda tertawa, bersin, atau berolahraga. Ada beberapa latihan otot dasar panggul yang dapat membantu memperkuat otot lagi dan dapat membantu menghentikan inkontinensia.

Sangat normal juga untuk merasa sembelit selama kehamilan. Ini terjadi karena ada peningkatan hormon progesteron selama kehamilan yang menyebabkan pencernaan menjadi lebih lambat. Akibatnya, tidak jarang wanita menderita sembelit setelah melahirkan. Sangat mungkin bahwa masalah ini akan teratasi dengan sendirinya setelah beberapa hari, tetapi penting untuk makan makanan kaya serat dan minum banyak air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here