KENAPA IBU HAMIL HARUS BEROLAHRAGA?

0
204

Hi Moms! gejala kehamilan seperti rasa mual, kelelahan, dan pegal-pegal mungkin akan membuat Moms malas berolahraga. Namun tahukah Moms, tetap aktif saat masa kehamilan ternyata jauh lebih menguntungkan. Berbagai penelitian pun menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk melakukan senam ibu hamil atau olahraga ringan selama 30-45 menit sehari memiliki manfaat besar bagi Moms dan calon bayi. Dilansir dari M&B Australia, inilah alasan mengapa olahraga rutin saat hamil itu penting!

1. Memperbaiki Mood dan Penampilan
Tetap fit saat hamil membantu Moms mempertahankan aura positif. Hormon endorphin yang dilepaskan setelah Moms berolahraga dapat meningkatkan suasana hati selama berjam-jam. Rasa percaya diri pun meningkat dan kulit akan lebih bersinar, karena oksigen dan peredaran darah lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh. Lisa Westlake, fisioterapis dan penulis buku Exercising For Two mengatakan, tetap aktif saat hamil juga memperlancar persalinan dan mempercepat pemulihan pasca-persalinan.

2. Meringankan Sakit dan Nyeri
Morning sickness, sakit punggung, sembelit, pembengkakan, dan semua gangguan umum saat hamil dapat dikurangi melalui olahraga. Banyak ibu yang melaporkan bahwa gejala mual berkurang setelah rutin melakukan senam hamil. Olahraga juga akan mengalihkan perhatian Moms dari rasa mual. Lakukan kebiasaan baik ini disertai dengan konsumsi makanan kaya serat.

3. Memudahkan Persalinan
Melahirkan membutuhkan fisik yang kuat. Dengan berolahraga, tubuh Moms akan lebih siap menghadapi persalinan. Proses persalinan dan permulihan pun akan lebih cepat, serta mudah. Cobalah latihan dasar panggul dengan melakukan posisi duduk dan berdiri. Kontraksikan otot sekitar vagina dan uretra, tahan sebanyak 3-5 kali hembusan napas, kemudian rileks dan ulangi 5 kali.

4. Mengurangi Risiko saat Persalinan
Riset menunjukkan bahwa wanita yang rutin berolahraga cenderung melalui persalinan tanpa risiko. Dan, risiko persalinan Caesar pun berkurang hingga 34 persen. Rata-rata mereka pun cenderung lebih fokus dan santai selama persalinan, karena olahraga membantu mengurangi ketegangan fisik dan stres mental. Coba lakukan yoga dan pilates antenatal untuk meredakan nyeri, serta membuat Moms tetap fokus dan tenang selama persalinan.

5. Baik untuk Bayi
Bayi yang lahir dari ibu yang rajin berolahraga saat hamil cenderung memiliki riwayat kesehatan yang baik. Olahraga saat hamil juga membantu meningkatkan perkembangan otak dan meningkatkan kualitas kesehatan hatinya.

6. Lebih Bahagia
Wanita yang aktif selama masa kehamilan lebih siap mental dalam merawat bayi baru lahir. Salah satu studi dari AS menemukan bahwa kebiasaan berolahraga ini cenderung terus berlanjut setelah melahirkan, sehingga berat badan mereka terjaga dan risiko penyakit kardiovaskular berkurang. Moms pun akan lebih merasa bahagia dan cepat bangkit bila mengalami kesedihan. Namun, Moms harus memerhatikan beberapa hal saat berolahraga, seperti minum banyak air sebelum, selama, dan setelah sesi olahraga, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here