KEUNTUNGAN MENGIKUTI KELAS PRENATAL UNTUK PERSIAPAN MELAHIRKAN

0
232

Menunggu kelahiran buah hati tercinta ke dunia menjadi hal yang ditunggu dengan rasa senang, sekaligus khawatir dan cemas. Oleh karena itu banyak sekali usaha yang dilakukan oleh Moms untuk mempersiapkan kelahiran buah hati tercinta, seperti mengikuti kelas persiapan melahirkan (Childbirth Class). Pada umumnya, kelas ini sangat membantu persiapan sebelum kelahiran. Beberapa orang ada yang lebih memilihi kelas berkumpul dengan sesama ibu hamil untuk saling bertukar pikiran dan saran karena merasa sangat tebantu, tapi ada juga yang merasa kurang nyaman untuk berkumpul dan lebih memilih kelas yang mempelajari tentang relaksasi dan teknik pengambilan nafas karena terbukti sangat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Selain itu, banyak sekali keuntungan mengikuti kelas prenatal. Jadi, mari simak keuntungan mengikuti kelas prenatal yuk Moms.

  1. Mendapatkan Kesempatan Bertemu dengan Ibu Hamil Lainnya

Dengan bertemu ibu hamil lainnya, Moms bisa punya kesempatan untuk bertukar pengalaman soal kehamilan, membandingkan perkembangan kehamilan, dan saling bercerita tentang rasa khawatir, kesakitan, dan lainnya. Kelas prenatal juga jadi sebuah kesempatan untuk Moms memperluas relasi dan berkonsultasi dengan ahli atau Moms lainnya yang sudah melahirkan terlebih dahulu.

  1. Memiliki Banyak Kesempatan Bertanya pada Praktisi

Kelas prenatal juga menjadi kesempatan untuk Moms untuk bertanya pada praktisi yang sudah memiliki pengalaman. Moms juga bisa menceritakan perasaan dan kondisi fisiki yang dirasakan kepada praktisi.

  1. Mendapatkan Teori Proses Melahirkan

Selain bertukar cerita dan pengalaman, Moms juga memiliki kesempatan mendapatkan pengetahuan tentang proses melahirkan, seperti mengatur nafas, relaksasi, teknik coaching dan pendekatan lainnya untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan dari seorang ahli.

  1. Meningkatkan Percaya Diri

Dalam proses melahirkan, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan secara fisik dan mental. Rasa khawatir sering datang saat waktu kelahiran semakin dekat. Dengan kelas yang diikuti, moms mempunyai bekal secara fisik dan mental tentunya. Sehingga semakin percaya diri untuk proses kelahiran buah hati tercinta.

  1. Proses Kelahiran Lebih Lancar

Penelitian menunjukan bahwa rata-rata kelahiran pada Moms yang pernah mengikuti kelas persiapan kelahiran, mengalami kelahiran yang lebih lancar dan singkat. Hal tersebut kemungkinan karena persiapan dan latihan yang didapat sebagai bekal dari kelas prenatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here