LANGKAH PERTAMA MOMS SETELAH MERASAKAN TANDA KEHAMILAN

0
152

Seringkali Moms mengetahui kalau diri Moms sedang hamil setelah merasakan perubahan seperti terlambatnya menstruasi, adanya morning sickness, dan seringnya buang air kecil. Banyak juga dari Moms tidak menyadari jika Moms sedang hamil, terutama pada awal minggu pertama kehamilan. Bahkan dengan metode KB paling efektif pun, selalu ada peluang untuk kesalahan. Kehamilan Moms baru ketahuan setelah diperiksakan ke dokter, dan bisa saja berusia dua sampai 4 bulan. Tes kehamilan adalah hal yang sangat penting untuk Moms, demi pencegahan kerusakan si calon bayi serta kesehatan diri Moms.

Salah satu cara praktis dan mudah yang dapat dilakukan Moms adalah tes kehamilan di rumah. Moms dapat mengeceknya dengan tes kehamilan yang dijual bebas di apotek atau yang biasa disebut test pack, yang digunakan untuk menguji hormon human chorionic gonadotropin (HCG) lewat urin. Hormon ini hanya terdapat pada Moms yang sedang hamil, dan hanya dilepaskan jika sel telur yang dibuahi menempel di luar rahim atau ke lapisan rahim. Moms dapat melakukan tesnya di hari ke-10 terlambat haid. Tes dengan urin sendiri memiliki tingkat akurasi 97% ketika dilakukan dengan benar.

Untuk melakukan tes kehamilan di rumah, Moms harus ingat untuk membaca dengan baik petunjuk yang ada pada alat tes kehamilan. Cek pula tingkat sensitivitas dari alat tes yang digunakan karena setiap alat tes yang dijual secara bebas memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda. Moms juga perlu memastikan waktu yang harus diluangkan agar hasil lebih presisi, serta tidak sekali pun menggunakan alat tes kehamilan berkali-kali. Sebaliknya, Moms perlu melakukan tes berulang dengan alat tes berbeda agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Demi memastikan adanya kehamilan atau tidak, Moms dapat melakukan tes darah. Tes darah ini terbilang kurang praktis karena harus mengunjungi dokter, namun lebih efektif setelah melewati proses pengecekan di laboraturium. Tes ini ditujukan untuk mengukur jumlah hormon HCG pada darah.

Jika Moms dikatakan positif hamil, siapkan diri untuk merubah pola makan lebih sehat dan koordinasi dengan suami untuk saling menjaga satu sama lain. Selamat untuk Moms!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here