Menciptakan Kedekatan dengan Bayi yang Baru Lahir

0
38

Bayi menggunakan bahasa tubuhnya dalam menyampaikan pesannya ketika butuh sesuatu. Dia juga menggunakan bahasa tubuhnya saat ingin terhubung dengan kita dan mempererat ikatan. Seperti tersenyum, memberi kontak mata, membuat suara-suara, dan menangis. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kedekatan dengannya.

1. Perbanyak Pelukan
Ibu bisa lebih sering untuk menyentuh dan memeluk si Kecil. Dilansir dari raisingchildren.net.au, kita bisa menggendong atau mengayunnya. Beri sentuhan dan pelukan lembut untuk membuatnya mearsa nyaman. Sentuhan langsung dengan kulit pun akan menciptakan kedekatan sendiri.

2. Respons Tangisannya
Ketika si Kecil menangis, respon Ibu terhadap tangisan anak akan memberikan rasa aman. Ibu tidak perlu merasa terbebani saat si kecil menangis.

3. Ajak Mengobrol
Meskipun si Kecil belum vokal untuk merespons kata-kata kita. Tapi dengan mengajaknya mengobrol atau membacakan cerita untuknya, kita akan membantu si kecil lebih mengenali suara kita. Saat besar nanti, ia pun bisa belajar bahasa dengan lebih baik.

4. Jaga Kontak Mata
Saat berbicara, berbicara, atau menunjukkan ekspresi wajah, jaga kontak mata dengannya. Dengan menjaga kontak mata, kita membantunya memahami hubungan antara kata-kata dan perasaan.

5. Stimulasi Indera Perasanya
Dengan menstimulasi indera perasaan si Kecil lewat sentuhan lembut pada kulitnya dapat memberikan rasa nyaman secara perlahan.

Moms, ciptakan momen kebersamaan bersama si Kecil sejak dini melalui kedekatan dan komunikasi diawali dengan kedekatan emosinal Ibu dan Anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here