Nutrisi yang Diperlukan Bayi dan Balita

0
421

Tumbuh sehat dan cerdas tentunya jadi tujuan semua orang tua. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang sesuai untuk usia anak. Ketahui nutrisi apa saja yang penting untuk tumbuh kembang bayi dan balita berikut ini.

Karbohidrat dan Lemak
Karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi bagi anak agar dapat aktif dan sehat bergerak. Berikan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang baik seperti nasi, kentang, jagung, ubi. Sedangkan untuk lemak, perhatikan sumber makanan yang memiliki lemak baik seperti ikan salmon, atau minyak ikan.

Vitamin dan Mineral
Vitamin A, B1, B6, B12, C,D,E, dan K merupaka vitamin yang diperlukan anak. Mineral juga tak kalah pentingnya bagi tumbuh kembang anak, yang termasuk mineral adalah zat besi, kolin, iodium, asam folat, seng, kalsium, kalium, juga magnesium. “Semua kebutuhan nutrisi itu dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan seimbang, yaitu makanan yang terdiri dari kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Protein
Protein merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Guna memperoleh mutu protein dan zat gizi mikro yang lebih baik, penuhi paling tidak seperempat (25%) dari angka kecukupan protein (AKP) yang berasal dari protein hewani. Protein bermanfaat untuk menyuplai energi, penguat imunitas, membangun otot dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Protein terdiri dari 2 jenis, protein hewani dan nabati. Protein hewani berasal dari daging hewan sedangkan nabati bisa didapatkan dari beragam olahan kedelai seperti tempe, tahu dan kembang tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here