OLAHRAGA YANG TEPAT UNTUK IBU HAMIL

0
135

Menjadi ibu hamil sangatlah berat. Badan pegal dan kaku sering menjadi keluhan para Moms karena masih bingung dalam melakukan olahraga ketika hamil. Padahal, penting untuk Moms untuk tetap menjaga kebugaran, salah satunya adalah untuk melakukan persiapan persalinan.

Moms dapat melakukan olahraga yang tepat asalkan tidak beresiko jatuh dan perut trauma. Awali dengan pemanasan yang ringan seperti jalan kaki di tempat, meregangkan otot leher, tangan dan kaki selama tiga puluh detik. Lanjutkan dengan berjalan di sekitar rumah sambil menggerakkan anggota tubuh yang lain agar sirkulasi darah tetap mengalir dengan baik. Latih juga pernapasan selama 30 menit hingga 60 menit. Lakukan secara berulang pada durasi yang singkat hingga berlanjut ke durasi yang lebih panjang.

Jika Moms tidak merasakan kondisi menurun setelah melakukan pemanasan, Moms juga dapat meningkatkannya dengan olahraga-olahraga yang aman seperti:

  • Yoga untuk ibu hamil untuk merasakan rileksasi guna menenangkan pikiran selama hamil,
  • Jogging maksimal 3 kilometer,
  • Berenang di air yang tidak terlalu panas dan juga dingin,
  • Naik turun tangga,
  • Dance workouts,
  • Dan olahraga lainnya sesuai saran dokter.

Lakukan olahraga ringan secara berkala agar persalinan Moms lebih lancar serta otot tidak terlalu kaku, dan lakukan dengan riang. Jika tidak merasa kram perut, pusing, hingga mengeluarkan flek, Moms tidak perlu memaksakan diri dan segera istirahat. Selamat olahraga, Moms! Healthy mom, happy mom!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here