Pentingnya Menjalin Ikatan Emosional dengan Bayi

0
138

Moms, untuk perkembangan si Kecil yang optimal perlu dipenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun, ternyata selain itu terdapat cara lain untuk membantunya berkembang secara maksimal. Salah satunya dengan menjalin kedekatan emosional dengan si Kecil sejak dini.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, jalinan emosional yang kuat antara Ibu dan si Kecil tak sekadar membuat bayi merasa dicintai, tetapi juga membawa berbagai manfaat lain untuknya, yaitu:

1. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi
Penelitian mengungkapkan, bayi baru lahir memiliki sekitar seratus juta sel pada otaknya. Meski begitu, sel-sel ini belum saling terhubung dan berfungsi dengan baik. Seiring bertambahnya usia bayi, sel-sel pada otaknya memang akan semakin matang dan perlahan saling terhubung. Namun, proses ini bisa terjadi lebih cepat jika Ibu dan si Kecil lebih sering berinteraksi dan memiliki jalinan emosional yang kuat.
Saat melakukan kontak dengan ibu, tubuh si Kecil akan mengeluarkan hormone oksitosin yang membuat perasaan anak lebih stabil dan tenang saat berada dalam dekapan ibu. Selain itu, denyut jantungnya akan menyebarkan oksigen secara optimal ke seluruh organ tubuh bayi, termasuk otak. Dengan begitu, otak si Kecil pun bisa berkembang lebih optimal.

2. Meningkatkan Kinerja Sistem Imun Tubuh si Kecil
Jalinan emosional yang kuat antara ibu dan si Kecil akan memberikan rasa nyaman saat berada di dekat ibunya. Para peneliti menemukan, semakin bayi merasa nyaman, ia akan cenderung lebih banyak mengonsumsi ASI, Bu. Hal ini akan membantu sistem imun tubuh si Kecil semakin kuat, sebab ASI mengandung beragam vitamin, mineral, dan zat antibodi yang dibutuhkan bayi di tahap awal kehidupannya.

3. Membantu Bayi Mencapai Berat Badan Ideal
Sebuah studi yang dipublikasikan di Neonatal Network juga menyebutkan, semakin sering Ibu dan bayi berinteraksi lewat sentuhan dan pelukan, si Kecil akan lebih mudah mencapai berat badan ideal sesuai tahapan usianya. Penjelasannya, kontak langsung atau bersentuhan dengan Ibu dapat membantu tubuh si Kecil senantiasa hangat. Dengan begini, energi yang semestinya bayi gunakan untuk menghangatkan tubuhnya bisa ia gunakan untuk tumbuh dan berkembang.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya si Kecil pada Ibu Sejak Dini
Ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anak juga mampu menumbuhkan rasa percaya si Kecil pada Ibu sejak dini. Secara emosional, si Kecil sudah mengerti bahwa sosok Ibu adalah sosok yang bisa diandalkan dalam segala situasi. Keyaikinan semacam ini penting pula untuk Ibu agar mudah merawat anak.

Begitulah pentingnya memperkuat hubungan emosional Ibu dan Anak sejak dini untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya setiap saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here