PERAWATAN YANG BISA DILAKUKAN DI RUMAH SAAT ANAK SEDANG DEMAM

0
387

Anak demam, sudah dibawa ke dokter, diberi obat namun tetap rewel? Hal ini sebenarnya wajar ya Moms, tidak perlu khawatir karena Moms bisa membuat si kecil lebih nyaman dengan melakukan perawatan di rumah. Berikut ini tips perawatan demam pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

Pastikan anak menggunakan pakaian tipis

Orang tua zaman dulu biasanya akan memakaiakan baju atau selimut hingga berlapis-lapis saat anak sedang demam. Sebaiknya hindari hal ini ya Moms, karena yang dibutuhkan anak saat sedang demam adalah kaus dan selimut tipis yang bisa membantu panas tubuhnya cepat keluar. Baju yang terlalu tebal malah akan memerangkap udara panas dan keringat dalam tubuhnya. Selalu pastikan juga suhu ruangan berada di suhu 20-25 derajat celcius.

Banyak minum air putih

Saat sedang demam, anak akan banyak kehilangan elektrolit atau cairan tubuh karena sedang berkeringat. Pastikan si kecil banyak minum air putih ya Moms. Jika lidahnya terasa pahit untuk minum air putih, Moms bisa membuatkan teh atau minuman cokelat hangat. Sangat dianjurkan untuk minum jus untuk mengembalikan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral bagi tubuh si kecil.

Mandi air hangat

Menurut seorang peneliti dari University of California, Amerika Serikat, mandi air hangat dapat membuat anak merasa lebih nyaman. Hangatnya air yang menguap dari kulit setelah mandi akan menurunkan suhu tubuh secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here