Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Mainan Anak

0
240

Bermain merupakan bagian dari belajar bagi seorang anak. Beragam mainan tersedia untuk menstimulasi skill dan kecerdasan si kecil. Ketahui beberapa hal sebelum membeli mainan ya Moms. Pastikan mainan yang aman bagi si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Aman
Pilih mainan yang aman misalnya Play-Doh yang terbuat dari bahan yang aman untuk anak karena terbuat dari bahan non-toxic. Di usia balita, anak-anak berada pada fase oral di mana benda yang menarik baginya akan dimasukkan ke dalam mulut.

Awet
Pilih mainan yang awet dan tahan lama. Baca label pada kemasan. Ketika membeli mainan, baca keterangan usia yang selalu tertera di kemasan. Jadi, pastikan mainan yang dibeli sesuai usia anak.

Pas dengan budget
Harga mahal sifatnya akan relatif bila kualitas mainan bagus dan tahan lama. Bila kualitasnya buruk dan mudah rusak, Moms akan membeli barang yang sama berkali-kali. Atau, karena merasa tidak puas dengan mainan pilihan, Moms embeli barang sejenis dengan harga lebih mahal.

Pilihlah yang berfungsi sebagai media belajar
Kegiatan bermain si kecil lebih efektif, efisien, dan sesuai kemampuan otaknya. Misalnya, kemampuan sensor motorik pada otak anak usia 0 – 2 tahun lebih dominan, sehingga dia suka mainan yang mencolok warna, tekstur, dan ada gerakan. Pada usia 3 – 6 tahun, anak mulai tertarik bereksplorasi sehingga pilih mainan yang memancing minat petualangan. Sedangkan usia prasekolah, ia membutuhkan permainan yang bisa mengembangkan kemampuan sosialnya.

Berikan waktu yang pas
Belikan si kecil mainan yang pas dengan momennya. Misalnya berikan hadiah mainan yang special saat ia sedang berulang tahun, atau membelikan mainan rutin 1 bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here