Rooming In : Arti dan Manfaat

0
50

Masalah persalinan bagi Ibu perlu memperhatikan beberapa hal dalam fasilitas di rumah sakit, salah satunya adalah tersedianya rooming in atau rawat gabung bagi bayi dan ibu pascapersalinan.
Jika moms memilih Rooming in atau rawat gabung, maka program ini bisa menjadi program yang sangat penting untuk merawat bayi sekaligus ibunya.

Dalam program rawat gabung pihak rumah sakit akan membiarkan ibu dan bayinya bersama terus menerus pascapersalinan. Artinya, bayi tidak diletakkan di kamar khusus bayi yang terpisah namun akan diletakkan di boks bayi yang berada di dekat ranjang ibu sehingga mudah dijangkau dan dapat ibu susui kapan saja.
Manfaat-manfaat dari program rawat gabung untuk ibu dan anak :

1. Meningkatkan Pemberian ASI
Dengan rawat gabung, frekuensi ibu menyusui dapat ditingkatkan sehingga otomatis bayi memperoleh lebih banyak ASI. Frekuensi menyusui yang sering ini juga akan mempercepat mantapnya dan terus terlaksananya proses menyusui.
Karena sering menyusui, otomatis ibu akan menghasilkan ASI yang lebih banyak, lebih dini dan menyusui lebih lama. Ini membuat lebih besar kemungkinan Ibu dapat menyusui eksklusif dibandingkan ibu yang tidak melakukan rawat gabung.

2. Menurunkan Risiko Infeksi
Dalam rooming in, Ibu dan anak akan lebih sering bersentuhan. Ternyata kontak antara Ibu dan anak akan terpapar bakteri-bakteri normal pada kulit ibu dan bisa melindungi dari kuman-kuman berbahaya. Selain seringnya bersentuhan, seringnya memberi ASI akan memberikan banyak antibodi pada anak sehingga lebih kuat untuk menghadapi infeksi.

3. Mempererat Ikatan Antara Ibu dan Bayi
Rawat gabung dapat mempereat ikatan batin antara ibu dan bayinya. Setelah selama ini tidak dapat berjumpa langsung, kini ibu dan bayi bisa puas berdekatan karena kamarnya tidak dipisah. Semakin sering bersama, semakin pasangan ibu dan bayi saling mengenal sehingga tahu bagaimana saling merespon.

4. Bayi Bahagia dan Tidak Rewel
Karena si Kecil sering menyusu dan kontak dengan kulit ibu, bayi juga merasa hangat, nyaman dan aman.

5. Karena dapat terus bersama sejak persalinan, program rawat gabung juga melatih ibu untuk dapat mandiri merawat bayinya sendiri
Ini penting agar saat pulang ke rumah ibu sudah tidak canggung lagi merawat bayinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan tentunya menghindari risiko depresi pada ibu baru.

Nah, jadi bagaimana, Moms? Sudah mantap untuk memilih rumah sakit yang memiliki program ini, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here