Tahapan Mempersiapkan MPASI Untuk Pertama Kali

0
81

Moms, Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan? Sudah saatnya mempersiapkan Makanan Pendamping ASI atau MPASInya ya.

Kenapa MPASI menunggu usia bayi 6 bulan? Ternyata pertumbuhan bayi lebih optimal jika ia hanya mengonsumsi ASI secara eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupannya lho Moms. Sistem pencernaan bayi pada usia 6 bulan juga dinilai telah mampu untuk mencerna makanan padat.

Nah ada 3 hal yang mempengaruhi siap tidaknya Si Kecil mendapatkan MPASI, diantaranya kemampuannya untuk bisa duduk sendiri, dapat mengontrol kepalanya dengan baik dan dapat memberikan respon dengan membuka mulut dan mencondongkan tubuhnya sehingga mendekati makanan.

Ada beberapa tahapan dalam memberikan MPASI untuk Si Kecil nih Moms. Sebagai awal perkenalan, berikan MPASI untuk usia 6 bulan dengan tekstur yang halus ya Moms. Untuk mendapatkan tekstur halus ini Moms bisa menggunakan alat seperti food processor, atau saringan.

Saat usia Si Kecil sudah masuk 7 atau 8 bulan, Moms bisa mengubah tekstur MPASI dari yang halus sekali menjadi ditumbuk kasar. Nah jika sudah berusia 9 bulan, baru berikan MPASI yang sekedar dicincang.

Namun perlu diingat ya Moms, apapun makanannya tetap sesuaikan dengan keinginan Si Kecil. Jika ia menolak makanan dengan tekstur tertentu, Moms bisa menaikkan teksturnya menjadi lebih padat ya.

Saat ini tidak ada pantangan untuk memberikan menu pada saat MPASI. Moms bisa langsung memberikan Si Kecil menu lengkap pada hari pertama MPASInya. Namun untuk awal pemberian MPASI, biarkan ia merasakan makanan tanpa tambahan gula dan garam ya Moms. Jadi ia mengenal rasa yang alami dari MPASInya.

Moms bisa coba MPASI berupa bubur dan tambahan lainnya ya. Bubur bisa terbuat dari tepung beras yang dimasak atau bubur nasi biasa. Moms bisa tambahkan susu, hati ayam, atau ikan. Bisa juga menambahkan cairan seperti ASI, susu formula atau kaldu.

Untuk buah-buahan dan sayuran sebaiknya diberikan sebagai makanan selingan, bukan makanan utama ya Moms. Dalam satu hari, MPASI dapat diberikan 2-3 kali dengan 1-2 kali makanan selingan atau sesuaikan dengan nafsu makan Si Kecil.

Pada saat awal MPASI, Moms bisa memberikan masa pengenalan dalam 3-5 hari pertamanya, dilihat jika ada alergi atau yang lainnya. Jangan lupa juga perkembangan tiap anak berbeda ya Moms, yuk dinikmati setiap prosesnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here