Tips Agar Bayi Tidur Lelap di Malam Hari

0
186

Moms, membuat si kecil tidur nyenyak sepanjang malam adalah tantangan tersendiri bagi para orang tua, ya. Bayi baru lahir, biasanya perlu bangun setiap beberapa jam untuk menyusu karena perut mereka yang kecil tidak cukup besar untuk membuat mereka kenyang sepanjang malam.

Nah saat bayi mulai tumbuh mereka lebih sedikit terbangun ketika malam. Namun percaya atau tidak, tidur sebenarnya adalah keterampilan yang dipelajari. Bayi perlu belajar bagaimana dan kapan harus tidur.

Moms dapat membantu mengatur waktu tidur malam si kecil dengan memastikan ia mendapatkan jumlah tidur yang tepat di siang hari. Selain itu 5 tips berikut bisa Moms coba agar si kecil dapat lelap ketika tidur dimalam hari;

1. Tetapkan rutinitas sebelum tidur.
Tidak pernah terlalu dini untuk memulai rutinitas sebelum tidur lho, Moms. Rutinitas sebelum tidur itu harus sederhana dan berkelanjutan, hal ini agar nantinya jadi terbiasa dan mudah dilakukan setiap malam. Seperti ajak si kecil memakai selimut dan bercerita sebelum tidur.

2. Ajari si kecil untuk menenangkan diri.
Ketika ia terbangun di tengah malam dan menangis, tenangkan si kecil. Namun, batasi waktu Moms saat bersama mereka. Jelaskan bahwa masih ada waktu untuk tidur. Letakkan tangan Anda di dada mereka selama beberapa saat untuk menenangkan mereka, lalu tinggalkan ruangan atau biarkan ia tidur kembali tanpa harus Moms dampingi.

3. Mulai menyapih ketika malam.
Setelah Moms mendapat izin dari dokter untuk menghentikan pemberian susu ketika malam, Moms bisa perlahan-lahan mulai menguranginya. Dalam banyak kasus, menyusui menjadi hubungan tidur karena memberi makan bayi setiap kali mereka bangun.
Perlahan-lahan hindari pemberian susu ketika mereka terbangun. Mulailah dengan memberi si kecil lebih sedikit susu dan lebih jarang selama beberapa hari atau seminggu agar mereka terbiasa adan akhirnya tidak terbiasa menyusu setiap kali terbangun.

4. Tetapkan waktu tidur yang tepat.
Membuat si kecil tidur dengan harapan mereka akan bangun di pagi hari kemungkinan besar tidak akan berhasil. Jika Moms memiliki jadwal, penting untuk menjaga waktu tidur yang sesuai untuk si kecil agar tetap di jalurnya ya Moms.

Ingat, bayi yang baru lahir tidak memiliki waktu tidur yang ditetapkan, karena mereka hanya tidur kapan saja mereka mau. Tetapi sekitar usia 3 bulan, Moms dapat mulai membangun waktu tidur yang sehat agar jam tidur si kecil lebih terjadwal.

5. Buat suasana yang menenangkan.
Jaga ruangan pada suhu yang nyaman, pastikan tetap gelap, dan bahkan coba tambahkan beberapa white noise. Misal dengan memperdengarkan musik klasik atau instrumen. Hindari musik dengan lirik yang dapat merangsang aktivitas otak.

Suara paling lembut sekalipun dapat mengganggu si kecil di malam hari, oleh karenanya white noise akan memberikan suara yang konsisten dan menenangkan bagi mereka untuk tertidur, dan itu akan menghilangkan suara-suara lain yang dapat mengganggu tidur bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here