TIPS MAKAN SEHAT UNTUK KEHAMILAN 9 BULAN

0
255

Di usia kehamilan sembilan bulan, pasti Moms sudah mulai sulit untuk bergerak atau beraktivitas sehari-hari. Tentunya, untuk mendukung kegiatan Moms yang semakin berat, harus didukung oleh nutrisi makanan yang cukup agar proses melahirkan menjadi lancar dan sehat. Mari simak tips makan sehat untuk kehamilan 9 bulan agar Moms dan buah hati selalu sehat.

 

  1. Perhatikan Kalori Makanan

Setiap makanan tidak memiliki kalori yang sama. Oleh karena itu, Moms harus lebih memilh makanan dari segi kulitas daripada kuantitas. Sebagai perbandingan, 100 kalori pada sebuah kentang rebus yang disajikan dengan kulitnya sama dengan 100 kalori pada 10 bungkus keripik kentang. Dengan memilih kentang rebus, bayi dalam kandungan memiliki keuntungan untuk mendapatkan 2.000 nutrisi yang tercapai setiap harinya.

  1. Atur Jadwal Makan

Mengatur pola makan saat hamil sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Moms harus memiliki jadwal makan sesuai dengan kebutuhan janin didalam perut. Meskipun Moms tidak merasa lapar, mengikuti jadwal makan janin di dalam perut itu penting karena Moms berperan sebagai pintu masuk makanan pertama untuk janin.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Saat kehamilan banyak yang berpikir untuk fokus menaikan berat badan. Sehingga banyak diantara Moms juga yang mengkonsumsi nasi putih, gula, sirup dan cakes dalam jumlah yang banyak. Nutrisi karbohidrat yang baik untuk janin adalah karbohidtat kompleks yang bisa didapat dari sereal, nasi merah, buah, kacang dan sayuran segar. Karbohidrat kompleks juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Penelitian juga menunjukan dengan mengkonsumsi menu karbohidrat kompleks dapat mengurangi resiko diabetes pada janin dan Moms.

  1. Mengurangi Konsumsi Gula Berlebih

Makanan dengan kadar gula berlebih memiliki banyak sekali dampak bagi kesehatan Moms dan janin. Meskipun kandungan kalori pada gula adalah 0, penelitian menunjukan bahwa konsumsi gula yang berlebih sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gigi rusak, obesitas pada bayi, gangguan jantung, dan kanker colon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here