Tips Menghemat Uang Untuk Ibu Rumah Tangga

0
293

Wanita secara alami berbakat sebagai manajer keuangan ya Moms, terlebih bila ia telah menjadi seorang Ibu.

Seorang Ibu memiliki keterampilan yang baik dalam mengelola anggaran rumah tangga bahkan jika pendapatannya sangat rendah.

Ketika anggaran limit maka Moms memiliki dua opsi, menghasilkan lebih banyak uang atau membelanjakan lebih sedikit uang. Secara pribadi rasanya lebih mudah menghabiskan lebih sedikit uang dibandingkan menghasilkan lebih banyak uang ya Moms.

Biasanya itu berarti mengurangi pengeluaran rumah tangga dan menghemat lebih banyak uang. Jika kita benar-benar mengevaluasi ke mana setiap rupiah yang masuk dalam anggaran, maka kita jadi tahu di bagian mana kita dapat mengurangi pengeluaran.

Jadi gimana sih biar bisa hemat mengelola anggaran rumah tangga?

Berikut adalah beberapa tips menabung untuk ibu rumah tangga agar lebih hemat.

  1. Ingat Moms, cara sederhana untuk menghemat banyak uang adalah dengan menghemat ‘sedikit’ uang setiap hari. Dalam hidup ini yang dianggap sedikit ternyata memiliki dampak paling besar.
  2. Tinggal di rumah. Semakin banyak kita keluar semakin banyak uang yang akan kita keluarkan. Jadi Moms, tidak hanya akan menghabiskan lebih banyak uang untuk bensin, namun juga yang lain-lain. Jika Moms di rumah, menghemat uang akan jauh lebih mudah daripada membelanjakannya.
  3. Bayarlah dengan uang tunai. Statistik menunjukkan bahwa orang-orang menghabiskan 12-18% lebih sedikit ketika membayar dengan uang tunai. Tarik uang belanja dari bank seminggu sekali. Saat uang habis, maka Moms sudah selesai berbelanja. Jangan ambil lagi sebelum waktunya tiba.
  4. Berbelanjalah dengan lebih cerdas. Cobalah berhenti membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan tergiur iklan. Buat daftar belanjaan dan patuhi itu. Jika berbelanja online maka gunakan kode promo dan voucher yang biasanya tersedia di e-commerce.
  5. Hemat listrik. Saat Moms meninggalkan ruangan, matikan lampu dan peralatan elektronik. Biasakan juga untuk mengingatkan anak-anak untuk mematikan lampu dan elektronik saat mereka di sekolah. Ini sepele, namun ini akan menghemat biaya listrik yang lumayan lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here