TIPS SAHUR DAN BERBUKA PUASA UNTUK IBU HAMIL

0
362

Moms, di bulan Ramadhan muslim dan muslimah memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa dengan cara menahan lapar dan dahaga mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Namun untuk ibu hamil dan menyusui mendapatkan keringanan dalam menjalan ibadah satu ini.

Ibu hamil dan menyusui dapat melakukan qadha puasa di waktu yang lain atau mengganti puasanya dengan membayar fidyah. Fidyah adalah memberi satu porsi makan orang miskin. Satu hari tidak berpuasa dihitung satu porsi makanan. Ini karena syarat wajib puasa adalah sehat. Jika dengan berpuasa ibu hamil dikhawatirkan menjadi lemas dan sakit maka sebaiknya tidak berpuasa.

Menjaga imunitas tubuh untuk ibu dan janin tentunya yang utama. Namun jika Moms saat ini sedang hamil namun ingin melakukan ibadah puasa dan sudah berkonsultasi dengan dokter/bidan sebelumnya, maka salah satu cara untuk tetap menjaga imunitas tubuh ialah dengan menjaga pola menu ibu hamil pada saat sahur dan berbuka.

  1. Makan makanan bergizi

Ketika sahur dan berbuka usahakan untuk mengonsumsi buah dan sayur juga makanan yang mengandung protein, seperti susu, daging, dan keju. Asupan ini mencukupi kebutuhan janin serta menjaga kesehatan ibu saat berpuasa.

  1. Hindari makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas pada ibu hamil dapat mempengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas juga memicu rasa mual dan muntah. Sementara makanan berlemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan calon bayi. Oleh karenanya hindari kedua makanan ini saat sahur dan berbuka ya Moms.

  1. Minum susu 

Susu baik untuk menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Coba meminum segelas susu hangat saat sahur dan berbuka. Moms boleh mengonsumsi susu UHT atau susu khusus ibu hamil dengan asam folat. Kedua baik untuk ibu hamil. Jangan lupa perbanyak minum air putih di sela-sela waktu berbuka hingga sahur.

  1. Minum vitamin

Moms dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter/bidan terpercaya memutuskan vitamin mana yang cocok bagi tubuh dan kesehatan calon bayi. Biasanya dokter akan merekomendasikan vitamin yang mengandung asam folat, kalsium dan zat besi.

Pastikan untuk menyeimbangkan porsi makan ibu hamil. Meskipun Moms makan tidak terlalu banyak ketika sahur dan berbuka, namun usahakan untuk tetap menyemil makanan ringan selama waktu berbuka hingga sahur. Misal, buah-buahan, biskuit atau roti gandum.

Jika Moms tidak kuat, Moms bisa tidak berpuasa ya. Saat sedang hamil kesehatan sangat penting agar ibu dan janin yang dikandung tetap sehat dan kelak ibu dapat melahirkan bayi yang sehat dengan selamat.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here