MENGAJARKAN ANAK DISIPLIN PADA KEBERSIHAN

0
431

Kebersihan gigi dan tangan pada si kecil sangatlah penting, karena kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur merupakan usaha terbaik yang bisa dilakukan agar gigi dan rongga mulut tetap segar dan terjaga kesehatannya, bahkan ada beberapa ahli yang mengungkapkan bahwa menggosok gigi pada saat sebelum tidur merupakan hal yang sangat penting daripada menggosok gigi pada pagi atau siang hari loh, Moms. Mencuci tangan sebelum makan juga penting karena akan banyak kuman yang menempel di tangan anak Moms setelah anak Moms selesai bermain bersama teman sebayanya.

Kalau Moms bertanya ada berapa cara untuk mendisiplinkan anak Moms, jawabannya ada tiga, yaitu dengan membentak, menghukum, dan memberi pengertian. Metode mana yang mau Moms pilih?

Kalau Moms memilih memberi pengertian, Moms akan bergulat dengan pertanyaan “Mengapa”. Moms harus menjelaskan mengapa kita perlu mencuci tangan sebelum makan, mengapa kita perlu menggosok gigi sebelum tidur, bagaimana cara cuci tangan yang benar, apa yang terjadi kalau kita tidak cuci tangan atau tidak gosok gigi. Namun dengan cara ini, anak Moms akan sadar sendiri untuk mencuci tangan dan menggosok gigi sebelum tidur.

Kalau Moms memilih bentakan, yang dibangun adalah rasa takut pada anak Moms. Sebelum menerapkan cara ini ke anak, mintalah pasangan Moms untuk mendisiplinkan diri Moms dengan cara membentak. Apa yang Moms rasakan kalau dibentak?

Sedangkan kalau dengan hukuman, anak akan merasa terhukum. Yang dibangun bukan kesadaran, tetapi keterpaksaan yang akan menekan jiwa dan selanjutnya akan menekan batin.

Jadi, mulai usia berapa anak bisa diajarkan disiplin? Sebenarnya mulai usia 1 tahun juga sudah bisa. Semakin dini orangtua mengajarkan kedisiplinan, akan semakin bagus bagi anak. Hanya tentu saja perlu diingat agar disiplin disesuaikan dengan kemampuan nalar usia anak Moms.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here