Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan

0
428

Saat hamil, banyak fakta dan mitos yang beredar. Untuk mencari tau apakah mitos yang berkembang benar atau tidak, simak penjelasannya berikut ini ya Moms.

Apakah bentuk perut ibu menunjukan jenis kelamin bayi?

Ibu hamil yang perutnya membulat ke samping, maka bayi akan berkelamin perempuan. Jika perut ibu meruncing ke depan, berarti bayi akan berkelamin laki-laki. Namun faktanya bentuk perut ibu hamil tergantung kepada bentuk tubuh alami ibu hamil itu sendiri.Jika ibu hamil bertubuh mungil, maka bentuk perut cenderung berbeda dengan bentuk perut ibu hamil yang berpostur tinggi atau besar.

Apakah gerhana menyebabkan bibir sumbing pada bayi?

Itu hanyalah mitos ya Moms, bibir sumbing bisa terjadi karena adanya faktor genetik dan faktor lingkungan di sekitarnya. Berbeda dengan suku Aztec yang percaya bahwa gerhana bulan adalah gigitan di wajah,sebagaimana mereka meyakini bahwa ibu hamil yang melihat gerhana akan mengalami kejadian yang sama pada bibir bayi yang dikandung. Jadi dengan kata lain, bibir sumbing pada bayi tidak memiliki keterkaitan apa pun dengan bulan.

Mitos larangan naik pesawat

Ada anggapan bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan naik pesawat, namun faktanya mesin X-ray atau mesin pemindai tubuh yang ada di bandara dan berada di ketinggian di dalam pesawat memang memancarkan radiasi,namun yang perlu Moms ketahui adalah tingkat radiasi tersebut terbilang kecil dan tidak cukup untuk menembus masuk ke tubuh sehingga tidak akan mengganggu bayi yang ada di dalam kandungan, menurut seorang profesor ahli fetomaternal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here