Cara Melatih Motorik Bayi dan Balita

0
405

Kemampuan motorik merupakan salah satu skill yang harus dilatih sejak dini. Kemampuan motorik meliputi motorik kasar dan halus. Kemampuan motorik kasar meliputi kemampuan yang memungkinkan anak melakukan tugar sehari-hari nantinya seperti bangun dari tempat tidur atau pergi keluar untuk sarapan. Sedangkan kemampuan motorik halus mencakup kegiatan yang mandiri dilakukan seperti menyikat gigi dan mencuci tangan. Untuk melatih kemampuan motorik anak, simak cara berikut ini ya Moms.

Berikan stimulasi sejak usia 0-3 bulan
Berikan rangsangan pada si kecil untuk tengkurap. Ajaklah si kecil untuk mengangkat kepalanya. Ibu bisa menempatkan cermin atau gambar besar di depannya, atau sejajarkan wajah ibu dengan dia sambil memanggil namanya. Membelai kepala dan leher belakangnya, sehingga si kecil akan mengangkat kepalanya. Baringkan si kecil dalam posisi terlentang, kemudian bantu si kecil membalikkan posisi tubuhnya.

Berikan stimulasi di usia 10-12 bulan
Latih kemampuan motorik kasar si kecil dengan cara letakkan mainan di tempat yang bisa dijangkau dan pindahkan. Lalu, berikan semangat untuk menggapai benda tersebut sambil menepuk-nepuk lantai. Moms juga bisa melatih si kecil berjalan dengan cara memegang kedua tangannya sambil memberi semangat & meminta si kecil untuk mengayunkan kaki selangkah demi selangkah.

Berikan nutrisi untuk memaksimalkan kecerdasan otak bayi
Tidak hanya rangsangan yang berperan penting untuk meningkatkan kemampuan motorik bayi, nutrisi yang baik pun perlu diperhatikan. Berikan makanan yang bermanfaat untuk otak si kecil seperti salmon dan sumber makanan lainnya yang mengandung asam lemak omega dan DHA. Telur khususnya kuning telur mengandung kolin yang dapat meningkatkan memori si kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here