10 ISTILAH DALAM KASUS WABAH CORONA

0
103

Moms, penyebaran virus corona covid-19 terus meningkat naik di Indonesia. Tidak ada yang kebal akan virus ini Moms. Moms tetap masih berpotensi terinfeksi virus corona ketika tetesan yang mengandung virus mendarat secara langsung di wajah, tubuh, atau benda apapun di sekitar Moms. Lalu kemudian virus akan masuk ketika dihirup dalam jarak yang cukup dekat ataupun lewat tangan yang mengucek mata.

Tindakan pencegahan terus digalakkan untuk mencegah adanya korban baru dari efek berantai virus corona covid-19 ini. Mulai dari ajakan untuk rajin mencuci tangan, social distancing, work from home hingga lockdown.

Berkaitan dengan virus corona ini ada beberapa istilah yang digunakan pemerintah ya Moms. Berikut ini Fluffy share 10 istilah yang sering digunakan selama kasus wabah virus corona.

Apa saja sih? Yuk Moms disimak.

1. ODP : Orang Dalam Pengawasan
Yaitu semua orang yang masuk ke Indonesia dari negara yang sudah terjadi penularan Covid-19, atau orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

2. PDP : Pasien Dalam Pengawasan
Yaitu ODP yang kemudian sakit dan menunjukkan gejala batuk, flu baik sedang maupun berat.

3. Suspect
Yaitu orang yang diduga terpapar virus dan menunjukkan gejala dan pernah berkontak dengan orang yang positif Covid-19.

4. Positif
Yaitu orang yang telah dinyatakan positif Covid-19 setelah melalui cek lab & prosedur lainnya.

5. Social Distancing
Yaitu langkah pencegahan dengan menjaga jarak antar manusia, menjauhi segala bentuk perkumpulan, pertemuan yang melibatkan orang banyak.

6. WFH : Work From Home
Bekerja dari rumah

7. Lockdown
Yaitu membatasi masuk dan keluarnya orang dari suatu wilayah.

8. Karantina
Yaitu langkah untuk mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi pergerakan manusia. Ditujukan untuk mencegah perpindahan penyakit ke orang yang sehat.

9. Isolasi
Yaitu langkah untuk mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi pergerakan manusia. Ditujukan untuk mencegah perpindahan penyakit dari orang yang sakit.

10. Imported Case
Yaitu orang yang terpapar virus namun berada diluar wilayah orang itu melapor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here