5 Tips Atasi Mual di Pagi Hari Selama Kehamilan

0
150

Moms, mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness selama kehamilan sangat umum terjadi ketika awal kehamilan dan biasanya mereda pada sebagian besar wanita dengan akhir trimester pertama. Tapi itu benar-benar normal kecuali Anda memiliki gejala parah seperti muntah yang tak henti-hentinya, penurunan berat badan yang signifikan, atau dehidrasi.

Selama kehamilan, perasaan mual umumnya terjadi karena peningkatan kadar estrogen, gula darah rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap beberapa bau.

Jika gejalanya tidak terlalu ekstrem, Moms bisa mencoba beberapa pengobatan rumahan untuk meredakan ketidaknyamanan. Tetapi jika gejala yang Moms hadapi cukup parah maka konsultasi ke dokter adalah pilihan tepat.

Berbeda dengan namanya, morning sickness dapat berlangsung sepanjang hari untuk beberapa wanita. Jadi, bagaimana cara mengatasi morning sickness ini?

1. Istirahat
Sangat penting untuk tidur nyenyak di malam hari dan juga tidur sebentar di siang hari. Jangan tidur tepat setelah makan karena itu dapat meningkatkan perasaan mual. Stres juga dapat memicu morning sickness, persiapkan keperluan moms selama hamil dan juga perlengkapan bayi bersama suami untuk mengurangi stres.

2. Makan dengan porsi kecil namun lebih sering
Dalam beberapa kasus, tidak makan dapat membuat mual menjadi lebih buruk. Untuk menghindari perut kosong, cobalah makan kecil dan sering, bukan tiga kali makan besar setiap hari.

3. Konsumsi Jahe
Sebuah studi mengatakan bahwa jahe dapat membantu meredakan sakit perut. Moms bisa mengunyah jahe, mencoba teh jahe atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual.

4. Hindari makanan penyebab mual
Pada banyak wanita, protein tinggi, karbohidrat tinggi dan makanan asin dapat menyebabkan mual. Hindari makanan berlemak, berminyak, terlalu manis dan makanan yang bisa menyebabkan kembung. Hindari minum bersama dengan makanan karena kombinasi ini meningkatkan rasa mual.

5. Sediakan cemilan
Moms bisa menyimpan beberapa biskuit, roti kering, dan sereal di samping tempat tidur sehingga Moms dapat memakannya segera setelah bangun atau sekedar untuk menghindari mual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here